Tarif Gojek Per KM
Gojek

Tarif Gojek Per KM 2020 Pada Jam Normal dan Jam Sibuk

OjekOnline.co.id – Tarif Gojek Per KM yang murah menjadi alasan banyak orang menggunakan jasa transportasi online tersebut. Namun perlu kalian ketahui bahwa tarif GoJek dibagi berdasarkan wilayah operasional.

Gojek sudah berhasil memperluas operasional layanan mereka ke hampir seluruh Indonesia. Untungnya tarif yang dibebankan tetap terjangkau dan tidak memberatkan masyarakat Indonesia yang selama ini mengandalkan Gojek, terutama untuk layanan GoRide.

GoRide merupakan salah satu layanan Gojek yang paling diminati masyarakat Indonesia. Layanan ojek online tersebut menawarkan kemudahan dalam bertransportasi secara aman dan nyaman sehingga masyarakat Indonesia tidak ragu menggunakannya.

Sebagian orang mungkin lebih memilih Grab ataupun ojek online lainnya, seperti Maxim, NuJek, dan beragam ojek online lainnya. Namun bagi yang setia menggunakan Gojek maka wajib mengetahui tarif Gojek per km. Dimana tarifnya adalah sebagai berikut.

Daftar Tarif Gojek Per KM

Tarif GoJek GoRide Terbaru

Ada yang menarik dari tarif Gojek per km, yakni tarif untuk jam normal dan jam sibuk berbeda. Selain itu, pengguna Gojek akan dikenakan biaya tambahan apabila memesan layanan Gojek dari wilayah tertentu.

Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui tarifnya, silahkan simak informasi yang kami lansir dari situs resmi www.gojek.com/blog/goride/tarif/. Namun perlu diingat bahwa tarif Gojek per km dalam berubah sewaktu-waktu.

WaktuBiaya Tambahan*   Wilayah
Pukul 06:00-09:00+ Rp. 3.000/kmJABODETABEK
Pukul 16:00-20:00  + Rp. 3.000/kmJABODETABEK
WilayahTarif Jam NormalTarif Jam Sibuk
Bandung, BaliRp. 1.800/kmRp. 2.250/km
SurabayaRp. 1.500/kmRp. 1.800/km
Makassar, Malang Palembang, Medan, YogyakartaRp. 1.800/kmRp. 1.800/km

Pada tabel di atas terlihat adanya biaya tambahan khusus wilayah JABODETABEK. Biaya tambahan tersebut berlaku untuk perjalanan di atas 10 km. Sedangkan untuk wilayah lain berlaku tarif per km berdasarkan jam normal dan jam sibuk.

Kenaikan Tarif Gojek Per KM

Selain informasi di atas, kami juga memiliki informasi tambahan mengenai kenaikan tarif ojek online yang berlaku di Indonesia mulai bulan Maret 2020. Kenaikan tarif GoJek ini telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KP 348 Tahun 2019 tentang tarif ojek online.

Penyesuaian tarif ojek online ini berlaku untuk semua perusahaan ojek online, baik itu Grab, Gojek, maupun perusahaan lainnya. Dimana kenaikan tarif ini berlaku untuk 3 Zona berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini.

Kenaikan Tarif Zona I

  • Area Operasional: Sumatera dan Bali
  • Tarif batas bawah: Rp 1.850/km
  • Tarif batas atas: Rp 2.300/km
  • Biaya jasa minimal 4 km pertama: Rp 7.000 – Rp 10.000

Kenaikan Tarif Zona II

  • Area Operasional: Jabodetabek
  • Tarif batas bawah: Rp 2.250/km
  • Tarif batas atas: Rp 2.650/km
  • Biaya jasa minimal 4 km pertama: Rp 9.000 – Rp 10.500

Kenaikan Tarif Zona III

  • Area Operasional: Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan Papua
  • Tarif batas bawah: Rp 2.100/km
  • Tarif batas atas: Rp 2.600/km
  • Biaya jasa minimal 4 km pertama: Rp 7.000 – Rp 10.000.

Meskipun kenaikan tarif ojek online telah ditentukan oleh Kemenhub, namun pihak Gojek, Grab maupun perusahaan ojek online lainnya tetap berhak untuk menaikan tarif berdasarkan keputusan sendiri. Hanya saja pemerintah membatas besaran kenaikan tarif maksimal 20% dari total tarif di atas.

Tujuan pemerintah mengataru kenaikan tarif Gojek dan kawan-kawan adalah agar bisa mensejahterakan para pekerja ojek online dan untuk menciptakan persaingan yang sehat. Apalagi sekarang semakin banyak perusahaan ojek online baru yang tak segan-segan menerapkan tarif tak masuk akal. Oleh karena itulah dibutuhkan regulasi yang jelas.

Jika pemerintah tidak turun tangan, tentu perang tarif hanya akan menimbulkan bentrok antar ojek online. Sebagai contoh adalah Maxim yang beberapa bulan lalu di demo karena menerapkan tarif terlalu murah dibanding ojek lonline lainnya.

Nah demikianlah informasi mengenai tarif Gojek per km. Perlu kami ingatkan sekali lagi bahwa tarif di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan dari pihak Gojek. Cukup sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengambil Barang Tertinggal Di GoCar dan beragam informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *